Sumber Daya Konsumen
Sumber Daya Konsumen adalah semua pendapatan atau kekayaan
yang dimiliki seorang konsumen yang bertujuan untuk menentukan apa yang akan
dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen). Sumber daya konsumen terhadap
pembelian terkait dengan pendapatan yang didapat setiap konsumen. Tinggi atau
rendahnya pendapatan konsumen, mempengaruhi pengeluaran mereka terhadap suatu
barang.
Terdapat 3 macam sumber daya konsumen yaitu:
1. Sumber Daya
Ekonomi – Uang
Sumber daya Konsumen dipengaruhi oleh potensi sumber daya
ekonomi, atau biasa dikenal dengan potensi ekonomi. Keadaan ekonomi konsumen
sangat mempengaruhi konsumen tersebut dalam mengambil suatu keputusan.
Keputusan konsumen sehubungan dengan produk sangat dipengaruhi oleh
jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki pada saat ini maupun pada masa yang
akan datang. Berikut ini adalah pembagian sumber daya ekonomi (pendapatan) konsumen,
yaitu:
a) Sumber daya ekonomi
individu.
b) Sumber daya ekonomi
keluarga.
c) Sumber daya
ekonomi rumah tangga.
Selain pendapatan, sumber daya ekonomi lainnya yaitu
kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan seseorang berkorelasi
dengan pendapatan orang tersebut.
2. Sumber Daya
Temporal – Waktu
Waktu menjadi salah satu variabel yang semakin penting dalam
memahami perilaku konsumen. Banyak konsumen yang semakin mengalami kemiskinan
akan waktu, karena kesibukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun demikian ada
suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat peribadi yaitu
waktu senggang. Secara historis, anggaran waktu konsumen dianggap memiliki dua
komponen, yaitu waktu kerja dan waktu senggang. Menurut Lane dan Lindquist,
anggaran waktu konsumen terbagi atas:
a) Waktu yang
menghasilkan pendapatan
b) Waktu terikat (wajib
dan non-wajib)
c) Waktu tidak
terikat (terencana dan tidak terencana)
3. Sumber Daya
Kognitif – Perhatian
Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang
tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi. Karena
kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka
perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan
informasi. Perhatian terdiri dari dua dimensi:
a) Arahan (direction)
menggambarkan fokus perhatian
b) Intensitas mengacu pada
jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar